Tulang Keropos Gara-Gara Rokok

Klikdokter.com, Jakarta Sejak dahulu, rokok diindentikan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker paru dan penyakit jantung. Belakangan, penelitian membuktikan bahwa benda mematikan ini juga bisa menyebabkan tulang keropos.

Terkejut? Wajar, karena efek rokok pada tulang belum banyak diketahui orang. Sebab, tidak semua orang tahu kondisi tulang yang di dalam tubuhnya. Lantas, kenapa rokok bisa menyebabkan tulang keropos?

Tulang Keropos dan Rokok

Rokok dapat menyebabkan tulang keropos karena mengandung radikal bebas, nikotin, dan zat berbahaya lainnya. Radikal bebas itu sendiri menyebabkan kerusakan sel dan gangguan hormon, yang berdampak pada gangguan pembentukan tulang. Sedangkan nikotin menyebabkan kerusakan pada sel yang bertugas membentuk sel tulang (osteoblas).

Kondisi di atas menjadi semakin parah, karena rokok juga terbukti dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, sehingga proses penghancuran tulang akan berlangsung lebih cepat.

Berhenti Sekarang Juga

Ingin terhindar dari tulang keropos? Berhentilah merokok sekarang juga. Jika dirasa sulit, Anda dapat mengurangi jumlah rokok yang dihisap secara bertahap, hingga akhirnya berhenti sama sekali. Di samping itu, jangan lupa juga untuk minta dukungan keluarga atau orang di sekitar, sehingga Anda benar-benar terbebas dari segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok.

Ingatlah bahwa kepadatan tulang mencapai puncaknya di usia 30-an. Jika Anda mulai merokok di usia remaja, maka tulang Anda tidak akan mencapai kepadatan maksimal yang seharusnya. Maka dari itu, berhentilah merokok sekarang juga, agar tulang keropos tidak terjadi pada Anda!